Recent Posts

Posts RSS
Semakin kita berusaha meraih harapan tinggi, semakin berat rintangan yang harus dihadapi

PERJUSAMI DI LAPANGAN DUKUH

Meskipun hanya perkemahan sederhana dan tidak megah, kegiatan yang diadakan pada liburan semester 1 ini merupakan salah satu upaya anggota pramuka SMPN 1 Ngadiluwih untuk lebih meningkatkan kualitas aktifisnya. Kegiatan yang diberi nama CAMP FANTASTIC 3 ini dilangsungkan di Lapangan Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih yang dimulai pada tanggal 29 - 31 Januari 2010. Mulanya aktifis pramuka dari kelas 8 tidak terpikirkan akan melaksanakan kegiatan ini, tapi setelah ujian semester 1 mereka berinisiatif untuk mengadakan perkemahan. Dan mau tidak mau mereka harus kerja keras, kerja cepat, dan kerja tepat, karena menjelang hari-H persiapan diperhitungkan hanya seminggu lebih 4 hari / 11 hari. Namun dengan kerjasama dan semangat aktifis kelas 8 dan juga dengan bimbingan kakak pembina, persiapan PERJUSAMI ini dapat diselesaikan dengan lancar meskipun hanya beberapa yang belum selesai dan itupun bisa diselesaikan sambil kegiatan berlangsung.

Sejak hari pertama persiapan panitia sudah harus bergelut dengan perijinan mulai dari sekolah, perangkat desa, kepolisian, dan juga orang tua. Mereka kerja keras agar persiapan kegiatan ini selesai sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Kerja keras panitia tidak sia-sia, pada 1 hari sebelum hari-H mereka sudah standby di lokasi untuk mempersiapkan tempat sedemikian rupa. Pukul 07.00 WIB semua panitia dan peserta telah berkumpul di Lapangan Dukuh dan langsung mendirikan tenda hingga menjelang sholat Jumat. Meskipun dari aktifis pramuka kelas 7 belum mendapat materi tata kemah, dari panitia berusaha untuk memberikan materi dan sekeligus praktek. Dalam pendirian tenda tidak hanya dari senior kelas 8 yang turun tangan, tapi senior kelas 9 juga turut membantu untuk kelancaran kegiatan tersebut. Setelah menjelang waktu sholat Jumat, sekitar pukul 10.30 beberapa tenda, gapura, dan pagar sudah selesai kecuali tenda dapur yang belum berdiri. Akhirnya pendirian tenda dihentikan sementara karena semua panitia dan peserta laki-laki harus persiapan untuk melaksanakan sholat jumat. Tepat pukul 11.30 panitia dan peserta laki-laki berangkat untuk melaksanakan sholat jumat di masjid setempat. Untuk menuju masjid mereka harus melewati sungai dan rerimbunan pohon disekitar area. Disamping itu panitia dan peserta putri bertugas merapikan dan membersihkan area buper selama waktu sholat jumat. Selama melaksanakan sholat jumat, menurut informasi dari salah satu panitia bahwa "tadi pas khutbah jumat, semuanya tertidur semua Kak" ungkap panitia pada alumni. Usai melaksanakan sholat jumat mereka kembali dan semua panitia dan peserta putri melangsungkan sholat dhuhur. Selama sholat dhuhur panitia dan peserta putra dengan cekatan mendirikan tenda dapur yang tadi belum berdiri. Dan tepat pukul 14.00 berlangsung upacara pembukaan.

Setelah berlangsungnya upacara pembukaan seluruh kegiatan telah direncanakan dengan sedemikian rupa, jadual dan waktu telah diperhitungkan dengan teliti agar kegiatan berjalan sesuai dengan tujuan. Meski hanya Cerdas Cermat acara inti pada hari 1 kegiatan tetap menjadikan panitia dan adik-adik junior merasa hidup sendiri tanpa orang tua. Cerdas Cermat berlangsung setelah sholat maghrib sekitar pukul 18.30 dan berakhir pukul 19.30. Meski keadaan saat itu gerimis, acara tetap berlangsung di area buper yang telah disiapkan. Mengingat pada hari 2 kegiatan bertambah banyak, pukul 21.00 seluruh junior diperintahkan mempersiapkan diri untuk istirahat.

Pada hari kedua, banyak kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya Penjelajahan dan Api Ungggun. Waktu berjalan dengan cepat, senior dan junior sibuk dengan persiapan untuk penjelajahan. Semua senior membagi dan menyebar personil untuk menempati pos-pos yang telah ditentukan. Sedangkan seluruh junior sibuk dengan persipan mereka untuk melaksanakan penjelajahan. Sekitar pukul 09.00 senior yang bertugas di pos pemberangkatan mengomando seluruh junior untuk berkumpul dan berangkat sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Terdapat 5 pos dalam penjelajahan tersebut yang terbagi dalam beberapa tempat. Rute penjelajahan tersebut melalui rumah penduduk desa tetangga dan area persawahan warga setempat. Setelah dilakukan survey seluruh senior sepakat akan menggunakan area sumber sebagai pos penjelajahan. Kebetulan sumber di daerah tersebut jaraknya dekat dengan lapangan dukuh, sehingga kegiatan pada PERJUSAMI ini juga menggunakan area tersebut. Sekitar pukul 11.30 penjelajahan telah selesai dengan tanda petugas penghapus jejak kembali ke area buper. Selang setelah itu keadaan memang tidak bersahabat, gerimis turun agak lebat. Dengan berpikir cepat panitia langsung mengevakuasi barang dan junior menuju area Kantor Desa setempat. Tapi keadaan kembali membaik setelah sholat menghrib, sehingga acara Api Unggun akan dilaksanakan dan menggunakan tempat yang telah ditentukan semula. "Puncak acara pada setiap perkemahan itu terletak api Unggun" ujar salah satu sesepuh alumni pramuka. Setelah sholat isya' terlihat seluruh senior dan junior sibuk dengan aktifitas mereka masing-masing. Pukul 19.30 senior yang bertugas mengatur jalannya Api Unggun langsung melakukan koordinasi dengan panitia.

Saat Api Unggun alumni-alumni tersebut diatas juga turut serta memeriahkan berlangsungnya unggun gembira. Dari itu para junior akan lebih mengenal sosok alumni-alumni yang telah berjasa di Pramuka SMPN 1 Ngadiluwih. "Acara Api Unggun di kegiatan perkemahan ini merupakan acara pertama kali yang dihadiri oleh kakak alumni dari angkatan tertua setelah beberapa tahun yang lalu", ujar salah satu kakak alumni. Setelah berlangsungnya Upacara Api Unggun dan acara pendukungnya sekitar pukul 22.00, seluruh junior dikomando oleh kakak senior untuk segera istirahat.

Pada hari terakhir tidak ada banyak kegiatan, namun sebagai penutupan diadakan Bakti Sosial ke tempat-tempat yang digunakan selama acara PERJUSAMI ini berlanjut selama 3 hari. Tepat pukul 11.00 dilaksanakan Upacara Penutupan yang di pimpin oleh Kakak Pembina. Usai penutupan seluruh panitia dan peserta membongkar tenda dan merapikannya kembali, sehingga pukul 11.30 peserta sudah kembali menuju rumah masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar