Recent Posts

Posts RSS
Semakin kita berusaha meraih harapan tinggi, semakin berat rintangan yang harus dihadapi

Lomba Tingkat Daerah Jatim (LT IV)

Petunjuk Teknis pelaksanaan LT IV 2010 bisa direview disini.
Untuk memperkuat ketercapaian pendidikan kepramukaan bagi anak-anak muda, diperlukan berbagai kegiatan menarik dan menantang yang bermanfaat bagi diri anak dan masa depannya. Semakin bervariasinya kegiatan, dapat dikatakan bahwa semakin banyak alternatif dalam Gerakan Pramuka, salah satunya adalah Kegiatan Lomba Tingkat (LT).

LT merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu. Lomba Tingkat biasa disingkat dengan LT. Diselenggarakan dalam bentuk perkemahan, Lomba Tingkat regu penggalang Kwarda Jatim disingkat LT IV, ini adalah pertem
uan Kwarcab se-Jawa Timur dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Dan pada tahun 2010 ini LT IV diselenggarakan pada tanggal 14 s.d 18 Juli 2010 bertempat di Buper Purwodadi, Pasuruan Jawa Timur.

Tujuan LT IV 2010 adalah menentukan regu berprestasi dan memilih wakil Kwarda Jawa Timur dalam LT IV Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh Kwartir Nasional. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar setelah mengikuti LT IV para Pramuka Penggalang :
  • Penentuan batas tingkatan prestasi yang dicapai penggalang sesuai dengan tingkatannya.
  • Pemaksimalan kemampuan mental, fisik, dan pengetahuan penggalang.
  • Pemberian tambahan pengalaman, ketrampilan, dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan bagi peserta.
  • Penguatan disiplin pribadi, rasa tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap regu, pasukan, gugus depan, dan organisasi Gerakan Pramuka.
  • Penghayatan semangat kepramukaan beserta satya dan dharma, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotongroyongan, dan kesetiakawanan.
  • Penentuan regu berprestasi tinggi, sedang, dan cukup.
  • Penentuan regu yang mewakili Jawa Timur dalam LT V yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional.
Tema LT IV 2010 memiliki tema "Dengan LT IV 2010 Jawa Timur, Kita PErkuat Karakter dan Budi Pekerti Kaum Muda" dengan motto Semangat, Ceria, Bersahabat. Serta memiliki slogan Berlomba dan Berprestasi, telah mencetak para juara-juara andalan Jawa Timur yang akan mewakili menuju LT V Nasional, diantara para juara tersebut adalah :
  1. Juara 1 Pa oleh Surabaya dan Pi Kab. Malang
  2. Juara 2 Pa oleh Pamekasan dan Pi Banyuwangi
  3. Juara 3 Pa oleh Kab. Kediri (MtsN Puncu)
Dan perwakilan dari Kediri adalah SMPN 1 Kediri, SMPN 4 Kediri, dan MTsN Puncu. Sebelum keberangkatan dari pangkalan yang berada di Kota Kediri, mereka berkesempatan menghadiri pelepasan oleh Walikota Kediri.

Pada Hari Selasa kemarin, 13 Juli 2010 sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Serambi Balai Kota Pemkot Kediri Jl. Basuki Rachmad No 15 Kediri, kegiatan Upacara Pelepasan Kontingen Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri telah dilaksanakan.
Hadir sebagai Pembina Upacara yakni Walikota Kediri, dr. Samsul Ashar, Sp.PD yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Kediri untuk memimpin pelaksanaan upacara ini.

Dalam kegiatan ini hadir pula para pejabat di lingkungan Pemkot Kota Kediri, Pembina dan Pengurus Pramuka Cabang Kota Kediri, Pengurus Mabigus SMPN 1 dan SMPN 4 Kota Kediri, dan orang tua peserta pramuka.Setelah Walikota Kediri berada di tempat upacara, dilanjutkan dengan pemberian penghormatan yang dipimpin oleh pemimpin upacara (Pandu K-SMPN 1 Kediri), dilanjutkan dengan Pengucapan Dasa Dharma Pramuka (Heppy P dari SMPN 4 Kediri).Berakhirnya Pengucapan Dasa Dharma Pramuka, kegiatan upacara dilanjutkan dengan pembacaan Laporan Kegiatan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri, Drs. Maki Ali, M.Si. Didalam laporannya, Drs. Maki Ali, M.Si mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang ini adalah sebagai wahana pendidikan dan pengembangan potensi kepemimpinan yang ada pada diri Pramuka Penggalang dan sistem beregu.

Tujuan lainnya yakni sebagai sarana uji kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan bagi pramuka penggalang, sebagai ajang kompetisi untuk pengembangan kreatifitas dalam bidang teknologi, seni dan budaya.Tema dalam Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang adalah “Dengan Lomba Tingkat IV 2010 Kita Perkuat Karakter dan Budi Pakerti Kaum Muda”. Slogan dari kegiatan ini adalah “Semangat berlomba, berprestasi dan bersahabat”. Sedangkan motto dalam kegiatan ini adalah “Satyaku kudarmakan, dharmaku kubaktikan, agar jayaIndonesia”. Lomba ini akan dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Minggu yaitu tanggal 14 -18 Juli 2010 di Bumi Perkemahan Kebun Raya Purwodadi-Pasuruhan. Dengan materi lomba meliputi kelompok: bidang mental spiritual, bela negara, kedisiplinan, dan wawasan kebangsaan, ketrampilan menegerial dan administrasi regu, dinamika dan kesemaptaan dan tantangan regu, bidang seni dan budaya, perkemahan sistem regu saat hari camp dan komunikasi. Adapun jenis-jenis lomba yang diadakan tersebut sebagai maksud tolok ukur peserta lomba terhadap pemahaman pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan.Kegiatan Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang dilaksanakan setiap empat tahun sekali.

Drs. Maki Ali, M.Si juga menjelaskan bahwa peserta Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang terdiri dari perwakilan regu-regu terpilih Juara I Putra dan Juara I Putri pada Lomba Tingkat III di Kwarcab Kota dan Kabupaten se-Jawa Timur. Dari Kota Kediri mengirimkan kontingen yang terdiri dari Regu Putra Rajawali dari Pangkalan Gugus Depan SMPN 1 Kediri yang jumlahnya 10 Pramuka Penggalang dan kontingen Regu Putri Matahari dari Gugus Depan SMPN 4 Kediri yang jumlahnya 10 Pramuka Penggalang yang mana regu putra dan putri tersebut adalah hasil dari Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang yang sudah dilaksanakan pada 25-27 Juni 2010 di SMA Negeri 2, Brimob Kompi C, maupun di Brigif XVI Kota Kediri.

Kontingen ini akan didampingi oleh 4 orang Pembina dan 1 orang pimpinan kontingen.Pada akhir laporannya, Drs. Maki Ali, M.Si mengucapkan terima kasih kepada segenap orang tua peserta, Pembina Mabigus SMPN 1 dan SMPN 4 Kota Kediri, Pembina dan Pelatih Pramuka, dan segenap pihak yang telah membantu dalam persiapan dan pelaksanaan kegitan Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Kota Kediri yang telah memberikan bantuan fasilitas tambahan berupa Sanggar Pramuka yang berada di Jl. Pemuda No. 15 KotaKediri. Selain Sanggar Pramuka Pemerintah Kota Kediri juga memberikan bantuan kendaraan operasional kegiatan kepramukaan yaitu Mobil Kijang Citizen untuk mendukung kegiatan kepramukaan di Kota Kediri. Setelah laporan kegiatan sudah disampaikan, dilanjutkan dengan penyerahan bendera Kwartir Cabang yang diserahkan oleh Walikota Kediri kepada perwakilan salah satu peserta.Acara berikutnya dilanjutkan dengan sambutan Pembina Upacara oleh Walikota Kediri, dr. Samsul Ashar, Sp.PD yang sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Kediri.Dalam sambutannya, Walikota Kediri sangat bangga sekali terhadap prestasi yang diraih oleh anggota gerakan pramuka Kota Kediri yakni bisa mengikuti Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang di tingkat Jawa Timur.

Diharapkan nanti anggota gerakan pramuka yang mengikuti lomba ini nantinya bisa membawa nama harum Kota Kediri di tingkat Jawa Timur maupun Nasional. Diharapkan juga oleh Walikota Kediri agar kegiatan ini oleh peserta bisa dijadikan sebagai wadah untuk membentuk watak dan kepribadian serta menanamkan jiwa kepemimpinan dan kebersamaan.Walikota Kediri juga menambahkan agar berbagai macam kegiatan kepramukaan di Kota Kediri bisa ditingkatkan lagi secara bertahap namun pasti, tetap mempertahankan citra dan kinerja gerakan pramuka agar minat kaum muda terhadap gerakan pramuka makin meningkat.Untuk itu, bagi para peserta yang akan mengikuti Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang 2010 sebagai perwakilan gerakan pramuka Kota Kediri agar semua pengalaman-pengalaman yang baik dan berguna yang diperoleh di Bumi Perkemahan Kebun Raya Purwodadi-Pasuruhan terus ditingkatkan dan terus ditingkat lagi kemudian disebar-luaskan kepada anggota-anggota gerakan pramuka lain yang ada di Kota Kediri.Sedangkan terhadap para Pembina dan Pengurus Gerakan Pramuka yang ada di Kota Kediri dihimbau agar terus-menerus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada anggota-anggota gerakan pramuka yang lain dengan tiada henti-hentinya secara ikhlas sesuai dengan motto pembinaan dalam gerakan pramuka yakni “Ikhlas Bhakti Bina Bangsa-Berbudi Bawa Laksana” sehingga nantinya anggota-anggota pramuka yang ada di Kota Kediri akan terbentuk kecakapan hidup, berbudi pakerti luhur, cerdas, trampil dan santun serta mampu menggalang persatuan dan kesatuan sesama anggota dan warga masyarakat lainnya.

Di akhir sambutannya Walikota Kediri, dr. Samsul Ashar, Sp. PD juga berpesan kepada anggota gerakan pramuka lain yang ada di Kota Kediri bahwa anggota pramuka adalah sebagai kawula muda generasi penerus bangsa agar senantiasa giat belajar, berkarya, berdisiplin, dan memerangi dampak negatife globalisasi informasi teknologi yang terus meningkat, menjauhi dampak narkoba, menjauhi pergaulan bebas dan kenakalan remaja lainnya. Sehingga nantinya di Kota Kediri yang kita cintai ini bisa tercipta suatu tatanan masyarakat yang maju, mandiri dan kondusif. Seusai sambutan Walikota Kediri, acara diteruskan dengan menyanyikan lagu Satya Dharma Pramuka oleh peserta upacara. Dan, akhirnya rangkaian kegiatan Upacara Pelepasan Kontingen Lomba Tingkat IV Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri telah selesai dilaksanakan dengan diakhiri pembacaan doa yang dibacakan oleh M.Yusuf (SMPN 1 Kediri).

0 komentar:

Poskan Komentar